Rancang Bangun Website Toko Makanan dengan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kebab Atung)
Abstract
Di era digital ini, perkembangan teknologi informasi berkembang pesat dan menawarkan berbagai inovasi yang memudahkan pengoperasian seluruh penggunanya. Website Toko dapat memudahkan pelaku usaha untuk mempromosikan produknya dan mempermudah konsumen untuk mendapatkan informasi tentang produk-produk yang dimiliki penjual atau toko. Kebab Atung merupakan toko yang berdiri pada tahun 2020 yang menjual berbagai macam menu kebab. Toko ini menawarkan berbagai macam menu seperti kari ayam, daging sapi premium, dan tambahan telur. Keterbatasan Pemasaran produk menjadi suatu kendala toko dalam meningkatkan omset penjualan toko. Maka dibuatlah website untuk pengembangan Toko Kebab Atung dengan menggunakan metode waterfall, yang dapat diakses secara online. Sehingga akan lebih mudah untuk menyediakan pusat informasi penjualan yang sangat cepat, akurat dan tepat. Serta memudahkan pelanggan mendapatkan informasi yang dibutuhkan, meningkatkan promosi penjualan dengan waktu dan biaya yang efektif dan efisien, pelebaran jangkauan pasar yang luas dalam hal penjualan dapat membantu untuk peningkatan penghasilan Toko Kebab Atung. Metode waterfall ini digunakan peneliti untuk mengembangkan sistem-sistem perangkat lunak dengan memiliki alur hidup perangkat lunak secara terurut yang dimulai dari analisa, desain, pengodean dan pengujian. Perancangan sistem dalam skripsi ini menggunakan prisma dan javascript. Serta melakukan observasi, wawancara, survei dan pengumpulan informasi yang diperlukan.
Kata Kunci: Rancang Bangun, Website, Waterfall.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Brooke, J. “SUS: A quick and dirty usability scale System Usability Scale View project Fault diagnosis training View project,” 1986. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/228593520
Fariyanto, F., Suaidah., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa dengan Metode UX Design Thinking (Studi Kasus : Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60.
Kriteria utama untuk mempertahankan pengguna di situs web adalah menyediakan konten menarik mulai dari teks, gambar, dan video, yang tidak hanya berfokus pada antarmuka pengguna, tetapi juga pada pengalaman pengguna. (Saragih dkk., 2022:204).
Kurniawan, B., & Romzi, M. (2022). Perancangan UI/UX Aplikasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Sistem Informasi Mahakarya (JSIM), 5(1), 1–7.
Munawar. (2021). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Depok: Informatika.
Nasution, W. S. L., & Nusa, P. (2021). UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method. ARRUS Journal of Engineering and Technology, 1(1), 18–27.
Prastowo, A., & Prajarini, A. (2020). Desain UX: Pengantar untuk perancang, pengembang, dan bisnis. Andi Publisher.
Prihatmoko, S., Sumaryanto., & Ensevasari, K. (2022). Desain Web sebagai Media Promosi Produk Kue pada UMKM “Kiss” menggunakan metode AIDA+S. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(2), 390–402.
Rochmawati, A. (2019). Pengaruh antarmuka pengguna situs web terhadap produktivitas pengambilan keputusan pengguna. Jurnal Sistem Informasi, 13(2), 31-39.
Sirait, F. N., & Hanifati, G. (2022). Analisis User Experience terhadap User Interface Website dengan Design Thinking (Studi Kasus : Asuransi Online Superyou.co.id). Jurnal Magenta, 6(2), 971–991.
Sari, Fitri Riri dan Ardiati Utami S (2021), “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)”, Jurnal Integrasi. Vol. 9 No. 1.
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., ... & Sulistiana, D. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.
Taqwim, M. (2021). Strategi pemanfaatan teknologi dalam pemasaran. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 47-55.
Ulumuddin, M. H., Nurlaela, A., & Handayani, T. (2022). Optimalisasi pemasaran digital melalui internet melalui jaringan website. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 54-64.
Nugraha, I. H., & Resita, R. (2019). Sistem Informasi Pendataan Nilai Siswa MTs.Nurul Fiqhiyah. Jurnal Teknik Informatika (JUTEKIN), 7(1), 51–60.
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 10(2), 208-219.
Nurjanah, S., Nurjannah, N., & Kristiani, S. P. (2022). Perancangan UI/UX Menggunakan Design Thinking Untuk Organisasi Kampus Daerah Purwakarta. JSI. J. Sist. Inf, 14(1), 2442-2449.
Indahsari, R. D., & Rizqi, A. N. (2021). Website layout design of Kurnia advertising as a promotion media in the city of Malang. VCD (journal of Visual Communication Design), 6(1), 1-13.
Lais, N., Chandra, R., Hamdandi, M., Bachtiar, F., Sastika, D. A., & Pribadi, M.R. (2022, January). Perancangan UIUX Pada Aplikasi Bapakkos dengan Metode Design Thinking. In MDP Student Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 392-397).
Sauro, J. (2018). Measuring U. Retrieved May 1, 2023, from https://measuringu.com/seq-prediction/. [28 Sep 2023].
Hardani., Auliya, H., Andriani, H., Fardani, A., Ustiawaty, J., Utami, F., Sukmana, D. J., Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Cetakan Pertama). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.
Ramdany, S. W., Aulia Kaidar, S., Aguchino, B., Amelia, C., Putri, A., & Anggie, R. (2024). Penerapan UML Class Diagram dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web. Journal of Industrial and Engineering System, 5(1), 3–4.
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran.Rawamangun: Prenadamedia Group.
Jarrett, Caroline., Krug, Steve. (2021). Surveys That Work: A Practical Guide for Designing and Running Better Surveys. New York: Rosenfeld Media.
Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini pada Ibu yang Bekerja : Sebuah Studi Literatur. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 127–136. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/ JIV.1502.4 DOI:
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 10(2), 208-219.
Nurdin,A.A. (2020). Analisa Dan Perancangan Salon Cuci Mobil Berbasis Web (Studi Kasus: Excellent CarWash & Ceramic Coating). Universitas Mercubuana.
Suryaningsih,S.et al.(2020) ‘AplikasiWakaf Indonesia Berbasis Blockchain’, Edumatic: JurnalPendidikanInformatika, 4(2),pp.2029.doi:10.29408/edumatic.v4i2.2402.
S. Pratama, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Smp N 1 Kertak Hanyar) Isbn : 978- 623-7583-01-1,”Pros. Hasil-Hasil Penelit., p. 328, 2019.
A. Surahman, A. T. Prastowo, and L. A. Aziz, “Rancang Alat Keamanan Sepeda Motor Honda Beat Berbasis Sim Gsm Menggunakan Metode Rancang Bangun,”J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 3, no. 1, 2022, doi: 10.33365/jtst.v3i1.1918.
Hu. A. Q. Yahya, “Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Framework Code Igniter (Studi Kasus Sdn Cibubur 05),” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. Vol 2 No.2, 2020.
N. Samania, Nirsal, dan R. Y. Fa’rifah, “Rancang Bangun Aplikasi e-Voting Pemilihan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Informatika (Hmti) Universitas Cokroaminoto Palopo Berbasis Website,” J. Ilm.d’Computare, vol. Vol. 10, 2020.
DOI: https://doi.org/10.62389/bina.v4i1.124

View My Stats
Bina : Jurnal Pembangunan Daerah is licensed under CC BY-NC 4.0


