Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Badan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Tempe Pak Min di Kelurahan Tengah Cibinong, Kabupaten Bogor
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal serta menentukan strategi prioritas pengembangan UMKM Tempe Pak Min di Kelurahan Tengah, Cibinong, Kabupaten Bogor. Menggunakan metode kualitatif dan analisis SWOT. Hasil menunjukkan kekuatan utama terletak pada kualitas bahan baku yang lebih baik dari pesaing (skor 0,31), sedangkan kelemahan utama adalah keterbatasan tenaga kerja dan modal (skor 0,19) dengan total skor faktor internal 2,57 (kategori rata-rata). Peluang terbesar adalah ketersediaan bahan baku (skor 0,39), sementara ancaman utama adalah fluktuasi harga kedelai (skor 0,26) dengan total skor faktor eksternal 2,83 (kategori rata-rata). Strategi yang direkomendasikan adalah mempertahankan usaha yang telah berjalan.
Kata Kunci: UMKM, Tempe Pak Min, SWOT, strategi, Cibinong, kualitas bahan baku, harga kedelai.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andriani, L. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Tahu/Tempe Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Sukamaju. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Prodi Ekonomi Syariah.
David, F. R. (2017). Strategic management: Concepts and cases: A competitive advantage approach. Pearson Education South Asia Pte Limited, 2017.
Ferrell, O. C., & Hartline, M. D. (2005). Marketing strategy. Thomson South-Western.
Hidayat, A., Setiawan, I., & Setia, B. (2021). Analisis Kelayakan agroindustri Tempe Di Desa Sukakerta Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8(2), 381. https://doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5259
Ilyas, Y., & Mujito. (2023). Manajemen Strategik: Implementasi Strategi dalam Organisasi dan Bisnis. Selat Media.
Muhammad, S. (2004). Manajemen Strategik: Konsep dan Kasus (3rd ed.). Akademi manajemen perusahaan YKPN.
Mujito. (2023). Manajemen Strategik: dengan Pendekatan Analisis SWOT. Wawasan Ilmu.
Nilawati, I. (2015). Analisis Pemasaran Tempe pada Industri Rumah Tangga “Multi Barokah” di Kota Palu. E-J. Agrotekbis, 3(4), 498–506.
Nuryadin, A. (2012). Manajemen Perusahaan. LakBang Pressindo.
Pearce, J. A., & II, J. A. P. (2008). Manajemen strategis: formulasi, implementasi dan pengendalian (Y. Bachtiar & Christine, Trans.; Buku 1, edisi 10). Jakarta. Salemba Empat.
Purwanto, I. (2007). Manajemen Strategi (1st ed.). CV. Yrama Widya.
Rangkuti, F. (2015). Personal SWOT analysis. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Alfabeta.
Umar, H. (2017). Desain penelitian manajemen strategik: cara mudah meneliti masalah-masalah manajemen strategik untuk skripsi, tesis, dan praktik bisnis (1st ed.). Rajawali Press.
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic management and business policy: Toward global sustainability. Pearson Prentice Hall.
DOI: https://doi.org/10.62389/bina.v4i1.128

View My Stats
Bina : Jurnal Pembangunan Daerah is licensed under CC BY-NC 4.0


