Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Pondok Rajeg Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor

Devina Meidian Armayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kelurahan Pondok Rajeg Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Metode penelitian adalah kuantitatif kausalitas. Dalam penelitian ini terdapat Variabel Independent yaitu kualitas pelayanan dan Variabel Dependent yaitu kepuasan masyarakat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan, khususnya waktu penyelesaian, perilaku pelaksana, dan penanganan pengaduan, secara signifikan mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap layanan publik. Aspek-aspek ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan publik di Kelurahan Pondok Rajeg, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Namun, aspek-aspek seperti persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, serta sarana dan prasarana tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat.

References


Agustina, E. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Publik Berkualitas Bagi Masyarakat. Jurnal Literasi Hukum, 3(2), 10.

Astuti, V., Iskandar, K., & Sucipto, H. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat: Studi Kasus Balai Desa Bangsri, Bulakamba, Brebes. Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 67?77.

Boediono, B. (2003). Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lanin, D., & Hermanto, N. (2018). The Effect Of Service Quality Toward Public Satisfaction and Public Trust on Local Government in Indonesia. Journal of Social Economics, 46(6), 377?392.

Lanin, D., Saputra, B., Syamsir, & Magriasti, L. (2023). Assessing the Mediating Effect of the Role of Public Managers between Service Quality and Public Satisfaction of Various Ethnicities in Local Governments in Sumatra, Indonesia. Public Policy and Administration, 22(1).

Musa, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Padang Loang di Kabupaten Bulukumba. PINISI JOURNAL OF ART, HUMANITY AND SOCIAL STUDIES, 2(6), 38?52.

Nasution, S., & Hotmaria, D. (2022). Pengembangan Inovasi Kabupaten Bogor untuk Meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2021. BINA: JURNAL PEMBANGUNAN DAERAH, 1(1), 1?22.

Pasolong, H. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Pundenswari, P. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 13?21.

Riyadi, S., Hermawan, A., & Sumarwan, U. (2015). Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 8(1), 49?58.

Saputra, B., & Fajri, H. (2020). The Role of Performance as Variable Moderating of the Influence of Public Services Motivation and Competence on Job Satisfaction of Civil Servants. In International Conference on Public Administration, Policy and Governance (ICPAPG 2019), 61?70.

Saputra, B., & Suripto. (2016). Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik dan Kompetensi Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara RSUD Kabupaten Pasaman Barat . Universitas Gadjah Mada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penilitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Sutarman, & Rochmadi, T. (2019). Pengembangan Sistem Computer Based Test (CBT) Tingkat Sekolah. Indonesian Journal of Business Intelligence, 2(1), 1?8.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.




DOI: https://doi.org/10.62389/bina.v3i1.79


View My Stats

Bina : Jurnal Pembangunan Daerah is licensed under CC BY-NC 4.0